Syarat Mengajukan KPR BCA

Banyak dari kita bahkan semau ingin mempunyai rumah idaman. Tetapi tentu saja kendala yang paling besar adalah masalah dana untuk membeli rumah itu sendiri. Apalagi harus membeli dalam bentu tunai, tak sediki rupiah harus disediakan. Tidak satu jalan ke Roma, kebenaran akan pepatah tua ini terbukti ada. Jika sulit untuk membeli rumah secara tunai maka bisa membeli rumah dengan cara kredit. Banyak lembaga keuangan yang mnyediakan produk keuangan berupa kredit kepemilikan rumah (KPR). Salah satu lembaga keuangan yang menyediakan kredit kepemilikan rumah ini adalah bank. Khusus kali ini kita akan membahas KPR dari bank BCA. Meskipun bank bank lainnya memiliki produk untuk KPR ini, secara tuntas dikupas tuntas dulu Syarat dan Cara mengajukan KPR bank BCA ini.
KPR bank BCA

Produk Produk KPR BCA

Dalam penawarannya pada produk KPR ini BCA memberikan tiga pilihan bagi konsumen. Pembagian ini didasarkan pada lama periode pelunasan pembayaran kredit oleh konsumen. Yang pertama yaitu kredit jangka waktu satu sampai 2 tahun. Kelebihna produk ini peserta kredit dibebaskan dari biaya pinalti ketika ingin melunasinya.

Berikutnya untuk nasabah pengambilan kredit dalam periode waktu tiga sampai 5 tahun. Kredit jenis ini memiliki nilai pasti dalam angsuran perbulannya. Sangat cocok untuk karyawan karena bisa mengeluarkan sejumlah dana dengan rutin untuk setiap bulannya. Dalam kredit ini akan diberikan bunga yang stabil sehingga tidak terlalu memberatkan nasabah. FIX and CAP, produk penawaran ketiga ini dinerikan untuk kredit 5 tahun dimana sistem perhitungan bunga di dasarkan dengan perhitngan tetap dan maksimal. Sebagai bahan pertimbangan bagi nasabah bisa melihat tabel bunga terhadap jenis produk yang dipilih.

Untuk produk pertama dan kedua akan dibebaskan dari biaya penalti ketika melakukan pelunasan di awal. Demikian sekedar gambaran umum produk produk yang ditawarkan bank BCA untuk kategori KPR ini.
Produk Pilihan
Bunga Awal %
Periode
Bunga Berikutnya
1 Tahun
9,25
1 Tahun
-
2 Tahun
9,25
2 Tahun
-
3 Tahun
9,5
3 Tahun
-
5 Tahun
10
5 Tahun
-
Fix and Cap
9,5
3 Tahun
11%
Dari opsi di atas terlihat bahwa suku bunga dan fitur yang ditawarkan terdiri dari banyak opsi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Dalam hal angsuran (bisa dilihat kalkulator KPR BCA di website resmi BCA, memiliki angsuran yang ringan dan suku bunga floating dan stabil. Untuk beberap produk bisa bebas biaya pinalti, sesuai penjelasan di atas.

Selanjutnya juga bisa melakukan top up pinjaman dengan jaminan yang sama dengan pinjaman pertama dengan syarat Loan to Value masih mencukupi. Dalam hal rekanan, bank BCA juga banyak menjalin kerja sama dengan banyak developer terpercaya.

Syarat Mengajukan KPR BCA

Secara umum ada beberapa syarat yan harus dipenuhi oleh pihak yang ingin mengajukan KPR pinjaman dari bank BCA. Adapun syarat syarat tersebut bisa dilihat berikut ini.
  1. Warga Negara Indonesia berusia minimal 21 tahun atau telah menikah. 
  2. Memiliki status karyawan tetap (PNS, Karyawan Swasta), Profesi (Dokter, Pengacara, Notaris) ataupun pengusaha dan wiraswasta. Untuk karyawan harusmemliki masa kerja minimum setahun, sementara untuk para profesi harus bekerja minimal 2 tahun dibidangnya. 
  3. Sesuai perhitungan masa berakhir kredit nantinya bagi karyawan harus pada saat usia 55 tahun, sementara untuk pengusaha atau wiraswasta, perhitungan kredit harus lunas pada usia 65 tahun. 
  4. Perhitungan angsuran didasarkan pada pendapatan gabungan suami istri jika telah menikah. 
  5. Pembayaran akan dilakukan melalui rekening bank BCA (auto debet) nasabah. 

Di atas merupakan syarat umum dalam mengajukan kredit KPR dari bank BCA. Sementara itu untuk pengaju akan diwajibkan melengkapi syarat kelengkapan dokumen. Keseluruhan yang harus dilengkapi adalah Kartu Identitas Pengaju (KTP), Fotokopi Identitas suami/istri, Foto Kopi kartu keluarga, Foto kopi surat cerai atau surat nikah, fotokopi SPT tahunan dan NPWP. Bagi pemilik usaha ditambahkan nantinya SIUP, TDP Perusahaan, fotokopi akta pendirian serta ijin Kemenkeh ( untuk Perseroan). Bagi yang berstatus pekerjan profesi harus melampirkan fotokopi ijin praktek. Sementara untuk pengaju dari individu harus menambahkan fotokopi slip gaji.

Proses Pengajuan Kredit KPR

Dalam mengajukan permohonan kredit dari bank BCA, bisa langsung ke kantor BCA terdekat. Namun sebagaimana yang kita kenal bahwasanya bank BCA merupakan bank terdepan dalam penggunaan teknologi. Integrasi dengan teknologi yang telah dilakukan BCA, pengaju bisa melakukan pengajuan kredit tanpa harus mendatangi kantor cabang BCA.

Pengaju harus mengunduh formulir pengajuan kredit KPR. Form tersebut bisa di unduh dari website resmi bank BCA. Kemudia form beserta persyaratan dokumen dikirimkan ke Bank BCA. Selanjutnya bank BCA akan mereview pengajuan kredit. Jika disetujui maka permohonan kredit akan diterbitkan dan pengaju bisa menikmati kredit dari bank BCA. Dalam hal ini memang lebih disarankan untuk mengajukan kredit secara online agar lebih mempermudah. Namun jika masih terkendala pihak pengaju kredit bisa mendatangi kantor BCA terdekat. Penting ditambahkan di sini bahwasanya bunga yang disampaikan tidak bersifat mutlak, bisa saja berubah sewaktu waktu sesuai kebijakan bank. Lebih lengkap informasi bagi pembaca bisa langsung melihat halaman BCA. Baca : Syarat Pengajuan KPR Bank BTN

Memuat