Cara Pembukaan dan Suku Bunga Deposito Bank BCA

Bank BCA dikenal sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia. Berbagai layanan serta produk keuangan dimiliki oleh bank ini. Baik produk perbankan berupa pinjaman dan jenis simpanan. Produk layanan keuangan berupa pinjaman dituukan bagi masyarakat yang membutuhkan dana pinjaman, sementrara untuk produk jenis simpanang digunakan dengan tujuan untuk keamanan tabungan dan sebagai salah satu bentuk investasi. Salah satunya produk simpanan dengan tujua investasi dari bank BCA adalah Deposito Berjangka. Untuk kali ini akan khusus direview bagaimana cara membuka tabungan deposito di bank BCA serta suku bunga deposito bank BCA.
Produk simpanan dari bank BCA untuk jenis deposito berjangka menawarkan tabungan deposito berjangka dengan banyak jenis mata uang. Tidak hanya sebatas Rupiah, ada beberapa mata uang asing seperti US Dollar, Singapore Dollar, Hongkong Dollar, Australia Dollar, Yen (jepang), Yuan (China), Euro dan Poundsterling. Jadi jika memiliki uang lebih dan mau disimpan dalam berbagai bentuk mata uang lainnya, bisa menggunakan bank BCA khususnya penyimpanan dalam bentuk tabungan deposito.

Kelebihan Deposito Berjangka bank BCA

Alasan direkomendasikannya bank BCA ini antara lain, suku bunga deposito yang dinilai cukup tinggi hingga mencapai 5,5%. Kemudahan bagi nasabah, bunga deposito bisa ditransfer ke rekening lain seperti Giro, Tabungan Prestasi, Tahapan BCA bahkan bisa transfer hasil bunga deposito tersebut ke rekening bank lainnya. Bagi nasabah juga ditawarkan dua sistem depoito yaitu non-ARO dan ARO.
Deposito Bank BCA

Non-ARO adalah fasilitas non authomatic roll over, dimana jika pada jatuh tempo perjanjian deposito telah sampai maka perpanjangan simpanan deposito terhenti dan tidak diperpanjang secara otomatis.  Jika ingin melakukan deposito kembali maka harus mengajukan permohonan deposito kembali. Lawan dari sistem non ARO adalah sistem ARO. Sistem ARO adalah authomatic roll over, berkebalikan dengan non ARO secara otomatis jika jatuh tempo deposito telah sampa maka akan diperpanjang secara otomatis jika tidak ada notifikasi dari pihak pemilik dana.

Pilihan untuk pembukaan rekening deposito dari bank BCA bisa dilakukan atas nama individu atau perorangan atau pilihn lain bisa dibuka atas nama sebuah organisasi berbadan hukum. Perbedaan kedua jenis ini yang pertama sudah jelas dari syarat pengajuan pembukaan dana. Berikut ini akan diberikan syarat syarat pembukaan rekening deposito untuk individu atau perorangan.

Syarat Pembukaan Deposito BCA

Syarat utamanya adalah menyediakan fotokopi identitas diri yangmasih berlaku seperti KTP, SIM, ataupu passport serta dilengkapi dengan NPWP. Kemudian datanglah ke bank yang bersangkutan dan selanjutnya diharuskan mengisi formulir pengajuan permohonan pembukan rekening deposito.

Jika pembukaan deposito dilakukan atas nama bisnis atau sebuah organisasi berbadan hukum maka syarat kelengkapan dokumen ditambahkan dengan Akte pendirian (AP) atau Anggaran Dasar (AD), TDP, SIUP serta NPWP perusahaan. Permohonan juga dilengkapi dengan kartu identitas diri perwakilan yang mengajukan  organisasi yng membuka rekenin deposito tersebut.

Syarat selanjutnya pengaju harus melakukan setoran minimal untuk mengisi deposito. Infromasi terakhir (16 Maret 2016) setoran minimal adalah sebesar Rp8000000 untuk tabungan mata uang rupiah. Sementara itu untuk tabungan deposito dengan mata uang asing diwajibka setoran minimal $1000 (USD), 2000 (SGD) dollar singapore, 8000 (HKD) Hongkng dollar. Untuk  yang lainnya 2000 AUD(australian dollar), 150000 JPY (Japanese Yen), Poundsterling dan Euro masing masing 1000 EUR/GBP dan 7000 untuk CNY (Yuan).

Suku Bunga Deposito bank BCA

Suku bunga sebenarnya bisa saja berubah sewaktu waktu tergantung kebijakan dari bank dengan berdasarkan kondisi pasar. Namun secara umum bunga dari depostio bank BCA ini bisa dilihat pada tabel di bawah ini. Bunga ini diupdate tertanggal 16 Maret 2016.

Mata Uang
Dep 1 Bulan
Dep 3 Bulan
Dep 6 Bulan
Dep 12 Bulan
IDR <2M
5
5
5
5
IDR 2-5 M
5,25
5,25
5
5
IDR 5-10 M
5,25
5,25
5
5
IDR 10 -25 m
5,25
5,25
5
5
IDR> 25 M
5,5
5,5
5
5
USD < 200000
0,2
0,2
0,2
0,2
USD> 200000
0,25
0,25
0,25
0,25
Note: Efektif 16 Maret 2016 – Bunga dihitung dalam persen ,pertahun – Lebih lengkap Kunjungi kantor bank BCA

Itulah sekilas tentang deposito dari bank BCA, untuk mata uang lain bisa langsung mendatangi kantor cabang BCA terdekat. Karena rasanya mungkin untuk di Indonesia mata uang yang sering didepositokan hanya USD dan Rupiah. Semoga informasi ini membantu, Baca Juga : Syarat Pengajuan KPR Bank BTN.

Memuat