Perbandingan Tabungan bank BCA, BNI, BRI dan Mandiri

Memiliki tabungan merupakan hal yang sangat penting untuk dipersiapkan demi masa mendatang. Uang tabungan mungkin saja telah direncanakan atau belum direncanakan untuk masa depan untuk memenuhi kebutuhan apa. Misalkan menabung karena berkeinginan untuk membeli properti seperti rumah, menabung untuk dijadikan sebagai modal usaha nantinya. Ada juga yang menabung hanya untuk menyimpan uang seandainya ada kebutuhna mendadak ke depannya. Seperti tiba-tiba jatuh sakit. Masing-masing individu memiliki hal yang berbeda mengenai alasan alasan menabung.
Ini nantinya akan berkaitan tentang bagaimana cara memilih rekening tabungan. Sebaiknya menabung uang di bank mana.


Mengingat sekarang banyaknya lembaga keuangan sejenis bank yang berada di Indonesia. Pemilihan bank tidak akan terlepas dari pelayanan bank terbaik apa saja yang memfasilitasi dan memudahkan serta memberikan fasilitas yang baik nan kita butuhkan. Untuk hal menjawab pertanyaan tersebut ini ada beberapa review akan perbandingan tentang jasa penyimpanan uang di bank, hal ini tentu akan melihat bagaimana tentang biaya administrasi, tingkat suku bunga, biaya transfer, setoran minimal, dan biaya biaya serta fasilitas lainnya. Perbandingan kali ini akan dibatasi dalam 3 bank saja, yaitu bank BCA, bank BNI, bank BRI dan bank Mandiri. Baca : Perbandingan Harga Safe Deposit Box Bank BCA, Mandiri dan BNI.
bank Indonesia

Fasilitas dan Informasi Rekening BCA

Untuk memulai membuka rekening baru bank BCA mengharuskan setoran awal sebesar 500rb. Dalam permasalahan ini rekening nasabah harus tetap nantinya memiliki saldo minimum 50rb. Setelah membuka rekening artinya nasabah bisa melakukan transaksi dengan syarat saldo akhir harus tetap ada 50rb. Jika saldo rekening telah sisa 50rb. Maka nasabah tidak bisa lagi melakukan aktivitas aktif seperti transfer dan penarikan tunai.

Melihat dari sisi bunga, bank BCA memberikan bunga hingga 1,7%. Dalam integrasi dengan teknologi maka bank BCA menyediakan fasilitas ATM, mBanking BCA, internet Banking BCA( iBank). Fasilitas tersebut akan mempermudah bagi nasabah yang aktif bertransaksi. Berbagai pilihan tersebut nasabah tidak harus mengunjungin bank untuk melakukan sebuah transaksi, cukup dengan menggunakan handphone atau jaringan internet. Bagi para pebisnis online shop nanti bisa menggunakan BCA Klikpay. Sistem BCA klikpay ini merupakan sistem pembayaran yang didasarkan dengan basis jaringan.

Bagaimana nasabah harus membayar fasilitas tersebut? Nasabah bank BCA akan dibebankan biaya administrasi bulanan sekitar 15rb-20rb. Besarnya itu tergantung jenis tabungan nasabah apakah rekening silver (15rb), gold (17rb),  atau premium (20rb). Jenis rekening juga akan menentukan limit batas tarik tunai via ATM oleh bank BCA. Rekening silver dibatasi batas tarik tunai 7jt/hari dan rekening gold dibatasi hingga 10jt/hari. Sebagai tambahan nasabah juga nantinya akan dibebankan Pajak bunga yang dipotong dari rekning nasabah.

Biaya administrasi ketika melakukan transfer antara sesama bank BCA adalah gratis. Untuk biaya transfer antar rekening bank berbeda dikenakan charge 7500. Sebagai gambaran umum untuk penggunaan rekenin BCA juga akan mempermudah transaksi menggunakan debet. Hal ini dikarenakan banyak toko toko yang menggunakan sistem pembayaran menggunakan debit BCA. Berdasarkan pengalaman penulis, bank BCA yang banyak dimiliki toko toko untuk mesin debitnya. Selain itu bagi pebisnis online BCA juga merupakan salah satu pembayaran yang ramai digunakan. Ini menimbang fasilitas teknologi penunjang perbankan yang digunakan lebih canggih.

Rekening Bank BNI 

Para pembaca yang ingin melakukan pembukaan rekening tabungan dari bank BNI akan diharuskan melakukan setoran awal 500/250 ribu. Tergantung jenis rekening apa yang akan dibuka nantinya. Syarat minimun saldo yang harus tertinggal nantinya haruslah 15rb saja. Dibandingkan saldo minimal dari bank BCA ini lebih rendah. Dalah kata lain ketika rekening hanya tersisa uang 65ribu, nasabah masih bisa melakukan penarikan tunai 50rb.

Bagi nasabah BNI bisa menimati bunga dari bank BNI hingga 2%. Mengikuti perkembangan zaman dalam memudahkn nasabah untuk melakukan transaksi BNI juga memfasilitasi nasabah dengan transaksi online. Opsi melakukan  transaksi online ini bisa menggunakan mobile banking, internet banking dan mesin ATM yang tersebar luas di seluruh pelosok Indonesia. Bagi nasabah yang memilik kebutuhan kapasitas transaksi yang tinggi bank BNI ini bisamenjadi salah satu pilhan utama. Bagi pengguna online shop juga terdapat opsi pembayaran yang dikenal Debit Online. Semacam fasilitas seperti BCA klikpay.

Batasan penarikan tunai untuk setap rekening berbeda beda diterapkan leh bank BNI. Untuk rekening silver penarkan tunai dibatasi 5jt/24 jam. Selanjutnya untuk paket rekening gold penarikan tunai dibatasi hingga 10jt/harinya. Untuk harga kartu, bagi nasabah silver akan dkenakan tarif 2000, nasabah gold 7500 dan nasabah premium sebesar 10rb. Sementara untuk biaya adminitrasi bulanan nasabah akan dikenai beban sebesar 11ribu.

Untuk nasabah dengan intensitas transaksi, bank BNI juga bisa menjadi pilihan tersendiri. Alasan ini dikarenakan untuk daerah jangkauan mungkin BNI memiliki area yang lebih dalam dibanding bank BCA. Dukungan akan kemudahan bertransaksi online juga bisa menjadi alasan lain untuk menggunakan tabungan ini. Hanya saja untuk beberapa toko fisik masih jarang toko yang menerima pembayaran seperti debit BCA.

Rekening Bank BRI 

Bank Rakyat Indonesia (BRI) merupakan bank pemberi layanan jasa perbankan yang cukup dikenal di masyarakat luas. Hal ini disebabkan penyebaran kantor cabang BRI lebih mencapai pelosok dibanding bank  skala nasional lainnya. Rata-rata kantor cabang pembantu selalu ada minimal satu untuk setiap kecamatan di Indonesia. Bisa disimpulkan bahwasanya bank Ini memiliki jaringan perbankan yang luas dan merata.

Sebenarnya banyak produk dari bank BRI ini. Dikenal dengan Simpedes, Britama dan lain lainnya. Untuk kalangan bisnis yang akan kita bahas kali ini, setoran awal bank BRI adalah 250ribu untuk akun klasik dan 10juta ntuk akun Gold. Sementara untuk akun Britama/Simpedes memiliki setoran awal yang lebih rendah.

Penawaran bunga dari bank BRI bisa dibilang cukup menggiurkan. Bunga diberikan pada nasabah hingga mencapai 2,25%. Batas minimal saldo tersisa dalam suatu rekening adalah 50rb. Demi bersaing dalam kemudahan nasabah mengakses transaksi ketika perkebangan teknologi yang semakin pesat, bank BRI menyediakan mobile banking (m-banking), Internet Banking, dan ATM. Sementara itu demi memperluas jaringan perbankan mereka, BRI juga banyak menjalin kerja sama untuk pembukaan kantor wakil cabang dengan masyarakat dengan program BRI Link.

Perihal mmpermudah pembayaran ketika BCA memiliki BCA klikpay, BNI memiliki debit online maka BRI juga memiliki ePay BRI. Fasilitas ini tentu amat membantu nasabah melakukan pembayaran dalam transaksi transaksi dengan intensitas tinggi. Batas limit penarikan tunai setiap harinya, bank BRI menetapkan 5juta untuk akun classic dan 10 juta untuk akun gold.

Jenis akun classic atau gold juga menentukan biaya kartu. Bagi yang ingin membuka rekening BRI Classic biaya kartunya 1000 dan 4500 untuk akun gold. Biaya administrasi bulanan dari bank BRI yaitu 12rb. Sayangnya ada sesuatu yang aneh dengan bank BRI ini. Ketika melakkan transfer melalui ATM ke bank yang sesama BRI, pengguna masih saja diberikan beban 750. Sementara transfer ke sesama BRI dengan menggunakan iBAnking masih juga dikenakan biaya 250. Dibandingkan bank pesaing lain, BCA, BNI dll melakukan transfer antar rekening dalam konteks bank sejenis itu free. Bahkan pengalaman dari penulis sendiri, ketika menabung ke rekening sendiri pada kantor cabang lain juga akan dikenakan biaya. Disini sisi yang harus dipertimbankan untuk menggunakan bank BRI, transaksi intern sesama bank juga masih dikenakan charge. 

Pembukaan Rekening bank Mandiri

Terakhir untuk review kali ini kita akan lihat tentang bank Mandiri. Setoran awal untuk pembukaan rekening baru dari bank Mandiri adalah 500rb. Sedangkan untuk minimal saldo tertinggal dalam satu rekening adalah 100rb. Ketika saldo dalam rekening bersisa 100rb maka nasabah tidak bisa melakukan transaksi lainnya. Penawaran bunga dari bank Mandiri ini mencapai 2%. Tergantung jumlah rentang tabungan nasabah.

Dibanding dalam perbankan online, bank Mandiri juga memiliki fasilitas transaksi online yang tidak kalah dengan bank lain. Nasabah juga bisa memilih opsi transaksi dengan menggunakan fasilitas mBanking mandiri , interbanking bank mandiri dan melalui mesin mesin ATM yang cukup banyak tersebar. Penyebaran kantor cabang bank Mandiri cukup merata untuk kelas kabupaten dan kotamadya. Umumnya bank Mandiri akan memiliki cabang yang lebih banyak untuk kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Medan.

Bank Mandiri juga menyediakan Mandiri Klikpay untuk mempermudah nasabah yang seringmelakukan transaksi pembayaran dan transfer. Dalam melakukan penarikan tunai bank Mandiri membatasi penarikan tunai mencapai 10jt/24jam. Nasabah bank mandiri akan dibebankan biaya administrasi sebesar 11500/bulan dan biaya kartu dalam kisaran 1500 hingga 8500 tergantung jenis kartu yang digunakan. Sebagai tambahan, nasabah juga bisa menikmati kemudahan transaksi dengan menggunakan kartu debit. Sejumlah toko fisik telah menggunakan opsi pembayaran dengan menerima pembayaran via Debit Mandiri.

Demikian informasi mengenai layanan perbankan di Indonesia. Semoga info ini bisa membantu calon nasabah untuk mempertimbangkan pembukaan rekening bank. Hal lain yang lebih mendetail pembaca bisa menanyakan langsung pada kantor cabang terdekat dari masing-masing bank. Artikel ini sendiri berdasarkan update tertanggal 7 April 2016 yang dikutip dari website resmi masingmasing bank dan website dederik(dot)com. Bagi pembaca yang ingin mempertimbangkan untuk memiliki rumah dan mengajukan KPR bisa baca : Syarat Pengajuan KPR Bank BTN.

Memuat