Lowongan Kerja Part Time untuk Mahasiswa

Menempuh pendidikan lanjut di perguruan tinggi sangatlah berbeda dengan sekolah yang dihadapi pada jenjang SD, SMP dan SMA. Individu benar dituntut untuk mengatur semua sendiri. Ini mengajarkan kemandirian bagi mahasiswa. Salah satu kebanggaan bagi seorang mahasiswa jika mampu mandiri, termasuk dalam hal dana. Memang mungin agak susah untuk mandiri finansial secara total, setidaknya bisa membantu pendanaan orang tua kan lumayan.

Sebagian mahasiswa ada yang mengeluh terlalu sibuk. Hingga tidak sempat ini itu selain menuntut ilmu ke kampus. Sebenarnya semua tergantung diri sendiri, jika pintar mengatur waktu, maka mahasiswa akan memiliki kesempatan untuk part time job. Jika tidak bisa membayar untuk uang kuliah itu part time job, setidaknya bisa untuk biaya fotokopi ini itu. Artikel kali ini tidak akan memberikan pembaca sebuah pekerjaan namun lebih dari itu, yaitu ide ide atau pilihan kerja sampingan mahasiswa.
Lowongan Kerja buat Mahasiswa

Kerja Sampingan buat Mahasiswa

Beberapa ide kerja sampingan untuk mahasiswa tanpa menganggu aktivitas perkuliahan sebagai berikut. Pertama, bisa dengan bisa part time mengajar. Pilihan ini bisa dilakukan disela kesibukan. Pembaca mahasiswa bisa mencari bimbingan belajar atau yang lebih enaknya menerima siswa private. Saran penulis lebih baik mencari siswa private. Selain waktu lebih fleksibel, bayarannya juga lebih greget. Untuk pertama memang sulit mencari siswa private. Bagi pemula bisa mempromosikan jasa private dengan memasang iklan di koran lokal. Opsi berikutnya untuk promosi sesama kita tahu, manfaatkan teknologi, promosikan jasa private melalui sosial media.

Lowongan kerja part time berikutnya bisa mencoba jasa pengetikan. Apalagi jika punya sedikit modal lebih bisa juga beli printer sekaligus membuka jasa printing. Lumayan, dari teman teman saja kan bisa ambil objekan buat nge-print. Nah kalau bisa, master master dari printing teman teman tersebut di simpan. Tugas tugas kuliah berupa makalah tersebut akan bisa jadi objekan pada tahun berikutnya. Tawarkan makalah tersebut pada mahasiswa pemalas tahun berikutnya yang mengambil mata kuliah yang sama. Otomatis bisa jualan makalah jugakan nantinya. Double Combo keuntungan bukan?

Terinspirasi dari teman satu kos kos-an dulu, salah satu lowongan kerja sampingan berikutnya adalah menjadi pelayan restoran. Sebagai informasi saja, pekerjaan ini sudah banyak dilakukan oleh mahasiswa mahasiswa diluar negeri. Beberapa kenalan penulis yang berkuliah di Australia, juga melakukan hal ini. Mereka bekerja di restoran cepat saji seperti KFC, AW, Mc Donalds dan lainnya. Jangan jadi mahasiswa sombong yang tahunya hanya nongkrong di sana.

Itu teman penulis, jika boleh dibilang mungkin tak butuh uang. Apapun yang dia inginkan pasti bisa dikasih bapaknya yang bisa dibilang dari keluarga kelas atas. Namun dengan kerendahan hati dia tidak malu, untuk menjadi pegawai part time restoran cepat saji. Hal ini bertujuan untuk melatih kemandirian, apalagi buat (maaf) yang berasal dari keluarga menengah ke bawah. Selain pada restoran cepat saji, mungkin bisa part time di beberapa toko atau mini market. Sekali lagi jangan jaga gengsi, asal kerjaan halal.

Kerja dengan Internet

Selanjutnya bagi yang ingin melatih instink wira usaha, berjualan online bisa menjadi pilihan. Rekan mahasiswa bisa membuka toko online dengan produk sendiri. Jika dirasa terlalu merepotkan bisa dengan menjadi reseller atau dropshipper. Bisnis seperti ini lumayan berpeluang mengingat pasti mahasiswa banyak punya kawan dan tentunya sudah sangat akrab dengan sosial media. Daripada posting check in, fotoin makanan di instagram mending berjualan.

Masih berhubungan dengan internet, pilihan berikutnya bisa dengan menjadi penulis lepas online. Pengalaman pribadi, dahulu ketika menjadi mahasiswa pernah penulis melakukan hal ini. Penghasilan kala itu lumayan loh, buat bikin 10-20 artikel perbulan bisa memperoleh bayaran $50-$100. Lumayan buat beli pulsa sms-an sama pacar waktu itu.

Untuk yang ingin lebih mandiri dan memiliki bakat menulis, selain menjadi penulis online, bisa membuat blog sendiri sesuai bidang yang diminati. Atau sekedar menghasilkan uang dari bermain sosial media. Salah satu blog yang direkomendasikan untuk melakukan hal ini bisa mengunjungi blog, http://takpunyamodal.blogspot.com atau http://hasilkanuangdari.blogspot.com. Dengan memiliki blog juga bisa membantu jika memiliki online shop (tempat berpromosi online shop) atau bisa juga mengikuti bisnis tipe affiliasi seperti lazada, blibli, dewaweb dan lain lain.

Terakhir ide yang paling top bagi mahasiswa yag memiliki sebuah kemampuan khusus wajib mencoba freelancer online. Di sini akan ditawarkan banyak sekali pekerjaan seperti menulis, web design dan lain sebagainya. Nanti akan ada project yang ditawarkan, maka ajukan diri dan selesaikan project tersebut. Dari situ maka akan didapatkan bayaran. Penjelasan yang lebih detail tentang hal ini bisa dibaca pada artikel kami : Kerja Part Time sesuai Keinginan dan Kemampuan.

Memuat