Bank dengan Tabungan tanpa Biaya Administrasi Bulanan

Bank seperti yang kita kenal adalah suatu lembaga keuangan yang menangani permasalahan keuangan. Secara garis besar dan awam peran bank ini diketahui sebagai tempat penyimpan uang dan tempat meminjam uang. Dalam bahasa ekonominya bank berperan sebagai agen deposit dan agen kredit. Terlepas dari itu semua, masyarakat biasa lebih mengenal bank sebagai tempat menitipkan uang dengan jaminan rasa keamanan. Semua bank tentunya memiliki produk simpanan yang membantu masyarakat untuk memperoleh rasa aman dan ketenangan untuk menyimpan uangnya.

Salah satu produk simpanan yan banyak menarik hati para nasabah untuk menabung adalah bank dengan alih alih tanpa biaya administrasi. Lazimnya, pada bank dikenal biaya administrasi bulanan, yang berkisar antara 5000 hingga 25 ribu rupiah. Sebagai timpal baliknya, bank akan memberikan bunga kepada nasabah. Bunga akan dihitung dengan persentase tertentu dan akan ditambahkan pada saldo rekening bank. Seperti itulah yang biasa dikenal dalam tabungan perbankan.
Bank tanpa Biaya Administrasi
Namun akhir akhir ini banyak bank menawarkan jasa menabung tanpa biaya administrasi. Dalam kata lain nasabah tidak akan dibebankan dan tidak akan membayar sejumlah dana atas kepemilikan buku tabungan. Imbasnya, nasabah juga tidak akan diberikan bunga. Peran bank semata mata tempat menitipkan uang. Dalam prosedur yan sedemikian bank tetap akan memperoleh keuntungan dimana, biaya ata uang yang dititipkan nasabah bisa digunakan bank sebagai modal untuk pinjaman kepada nasabah peminjam. Meskipun demikian bagi, nasabah ini juga akan memberikan keuntungan untuk membuka jenis tabungan ini. Seiring isu haramnya bunga bank, ini tentu akan menjadi opsi terbaik untuk terbebas dari riba. Hal paling mendasar dalam tabungan tipe ini adalah, dimana dengan jenis produk ini tentu tidak terlalu memberatkan nasabah kelas menengah ke bawah untuk memiliki rekening tabungan. Semisal, nasabah yang hanya memiliki tabungan 250ribu, untuk biaya administrasi yang 15ribu tentu mereka akan berpikir ulang untuk membuka tabungan.

Berdasarkan latar belakang di atas, maka bagi para pembaca yang menginginkan membuka rekening simpanan di bank bisa memiliki alternatif dalam memilih produk. Beberapa pilihan untuk bank tanpa biaya administrasi bisa dibaca pada review di bawah ini.

Bank yang Menyediakan Produk Tabungan tanpa Biaya Administrasi

Produk tabungan tanpa biaya administrasi pertama yaitu dari bank BCA. Nama produknya yaitu Tabunganku BCA. Tabungan tanpa biaya administrasi bulanan ini memiliki syarat setoran awal cukup murah yaitu 20000. Tabunganku ini memang ditujukan agar masyarakat disiplin menabung. Tercermin disini dimana nasabah diberi limit dalam penggunaan kartu ATM (jumlah penarikan) dan penggunaan internet banking, SMS banking. Secara general memang ditujukan untuk masyarakat kelas dengan penghaslan tidak terlalu tinggi dan dipastikan memiliki frekuensi aktifitas transaksi yang sedikit. Syarat akhir dari tabungan ii dimana saldo minimum pada tabunganku BCA harus tersisa 20000 rupiah.

Produk berikutnya ditawarkan oleh bank Danamon. Berbeda dengan bank BCA dengan produk tabunganku, setoran awal pembukaan rekening dari bank Danamon ini lumayan besar yaitu 250000 rupiah dan dengan ketentuan saldo minimum sisa juga sama. Nasabah dibebaskan dari biaya administrasi bulanan,namun bisa menikmati fasilitas internet banking, ATM, SMS Banking. Untuk biaya administrasi lainnya nasabah masih dikenakan biaya seperti penggantian buku tabungan (Rp 5000), biaya penggantian ATM yang hilang dan rusak.

Bank berikutnya dengan produk sejenis adalah Tabungan Gold BII Maybank. Namanya yang gold tentu sudah bisa dinilai bagaimana tabungan ini. Keuntunganya memang terbebas daribiaya administrasi, namu untuk setoran awal harus dalam jumlah sangat besar yaitu sepuluh juta rupiah. saldo buku tabungan minimal juga harus sepuluh juta. Nasabah dibebaskan dari segala biaya administrasi penggantian buku tabungan dan kartu ATM. Nasabah juga berhak menikmati layanan ibanking, dan sms banking. Sepertinya bank ini meembidik nasabah kelas menengah ke atas.

Opsi selanjutnya ditawarkan oleh bank CIMB Niaga dengan produk Air Asia Savers. Dengan kelebihan bebas biaya administrasi bulanan dan kartu kredit, setoran awal pembukaan rekening cukup Rp 100 000 rupiah saja. Ketentuan saldo sisa minimum pada rekening adalah 50rb rupiah. Fasilitas yang bisa dinikmati juga berupa internet banking dan SMS banking.

Tabungan Berbasis bank Syariah

Salah satu opsi lainya dalam tujuan menabung tanpa riba, menabung pada bank dengan basic bank Syariah. Secara umum bank bank syariah membebaskan nasabah dari biaya administrasi. Karena tujuan dari bank syariah ini adalah pengolahan modal dalam bentuk kerjasama bagi hasil..Beberapa bankyang bisa menjadi pilihan adalah seperti iB BRI syariah dengan setoran awal Rp 100 000. Nasabah juga dibebaskan dari segala administrasi pengantian buku tabungan, biaya administrasi penggunaan ATM dengan syarat saldo sisa minimum 50ribu rupiah.
Produk syariah yang bisa menjadi pilihan pembaca juga adalah XTra iB CIMB Niaga Syariah. Nasabah harus melakukan setoran awal Rp 200000 dan saldio minimum pada buku rekening sebesar 50ribu rupiah. Masih banyak beberapa banksyariah lainnya yang membebaskan nasabah dari biaya administrasi. Beberapa pilihan yang bisa dipertimbangkan anara lain Permata Optima iB Permata Bank Syariah (setoran awal 5juta an saldo minimun 1juta), Danamon Syariah iB (saldo minimal 100ribu), dan bank BNI Syariah (saldo minimal 50ribu).

Demikian beberapa pilihan bagi pembaca untuk yang berkemauan menabung tanpa merasa dirugikan dengan biaya administrasi bulanan. Terlepas dari semua informasi di sini ika ada yang telah memiliki pengalaman atau koreksi terhadap review ini dipersilahkan menambahkan di kolom komentar sebagai hal penjelas informasi bagi kita semua.  Baca juga untk membaca : Perbandingan Tabungan bank BCA, BNI, BRI dan Mandiri

Memuat