Daftar Domain Gratis untuk Belajar Membuat Website

Suatu pembuatan website akan melibatkan banyak komponen. Pertama tentunya alamat website berupa URL. Untuk mendapatkan url ini maka harus mendaftarkan alamat website atau istilah lainnya adalah domain. Kemudian setelah mendaftarkan domain website berikutnya adalah mencari sebuah hosting. Layanan untuk domain dan hosting ini banyak beredar di internet. Beberapa dari mereka ada yang menawarkan layanan gratis.

Kali ini pembahasan akan dipersempit dalam hal domain. Penyediaan layanan domain seperti (dot)com, (dot)net, (dot)id dan lain lain biasanya menggunakan sebuah layanan berbayar. Artinya jika seseorang ingin membuat domain dengan alamat url iniaku(dot)com, maka dia harus membeli (menyewa mungkin istilah lebih tepatnya) nama tersebut. Penyewaan nama itu bisa saja dalam kurun waktu yang telah disepakati misalkan dalam satu tahun, dua tahun atau lebih. Bagi kalangan profesional mungkin penghasilan yang didapatkan dari website akan bisa menutupi penyewaan biaya domain. Nah bagaimana untuk pemula? Lebih disarankan untuk pemula yang ingin mempelajari pembuatan website menggunakan hosting serta domain gratis terlebih dahulu. Untuk layanan domain gratis tersebutlah kita akan paparkan di sini.
freenom(dot)com 

Mendaftarkan Nama Domain Gratis

Salah satu penyedia layanan untuk mendapatkan domain gratis adalah freenom(dot)com. Situs ini akan memberikan layanan domain domain gratis dengan brand (dot)tk, (dot)ml, (dot)ga, (dot)cf, (dot)gq. Memang sih tidak begitu sekeren dan sepopuler jika menggunakan domain pake com atau coid. Setidaknya untuk belajar hal ini lumayan membantu. Dalam penggunaan nama domain yang disediakan freenom, biasanya untuk 1 tahun pertama diberikan gratis. Untuk tahun-tahun berikutnya maka akan dikenakan biaya. Kecuali untuk (dot)tk, penggunaaan domain ini bersifat gratis selamanya. Hanya saja diwajibkan untuk melakukan konfirmasi prepnjangan seekali setahun.

Selain menyediakan domain domain gratis, freenom juga bisa dijadikan menjadi tempat pembelian domain domain yang pro seperti com,mobi,academy,name,ws dll. Harga dari masing-masing domain berbeda beda tentunya. Lalu sekarang akan menjadi pertanyaan bagaimana memulai untuk mendaftarkan domain di freenom. Langkah awal tentunya silahkan mengunjungi website mereka di freenom(dot)com. 

Pada halaman utama nanti akan ditemukan kolom, ketikkan nama domain yang ingin diregistrasikan. Lalu check ketersediaan apakah alamat domain yang ingin digunakan masih bisa digunakan atau sudah digunakan orang lain. Hasil dari pengecekan akan tertera dibagian bawah. Jika alamat domain tersebut mungkin untuk digunakan, dipersilahkan untuk melanjutkan. Dengan melanjutkan pengambilan nama yang telah dipilih, maka otomatis akan dialihkan ke halaman registrasi. Pengguna akan diwajibkan melakukan proses registrasi. Bilamana registrasi telah selesai, maka selanjutnya masuklah ke akun dengan username dan password yang didaftarkan.

Pengaturan DNS serta koneksi ke bagian hosting bisa dilakukan pada bagian dashboard akun setekah masuk. Sebagai layanan tambahan jika tidak ingin repot, freenom nantinya juga akan menyediakan rekomendasi hosting gratis kepada pengguna. Namun, bila menggunakan layanan hosting lain maka silahkan diatur koneksi domain ke akun hosting yang dipakai.

Tentang Freenom

Freenom sendiri berdasarkan informasi dari situs resmi mereka memiliki pusat di Belanda. Jika ingin melakukan kontak dengan mereka bisa menghubungi nomer telepon +31 20 532 5726. Kemudian jika ingin melakukan koneksi dengan faximile bisa dialamatkan ke nomer +31 20 531 5726 21. Lebih lanjut mengenai freenom ini dari beberapa informasi yang diperoleh bisa dijelaskan sebagai berikut.

Freenom adalah sebuah penyedia domain gratis yang mengusung misi membawa masyarakat untuk terhubung secara online. Tujuannya adalah untuk membantu semua kalangan dalam membangun ekonomi secara digital. Semua orang bisa menggunakan layanan ini untuk kepentingan pribadi ataupun bisnis dengan gratis.

Freenom menjamin akan stabilitas domain yang dikelola dengan penggunaan teknologi AnyCast Cloud yang terbaru. Ini terbukti dengan kerjasama yang telah dirintis dengan beberapa situs besar seperti Twitter, Internet Identity, Kaspersky dan 40 lebih situs besar lainnya. Tentunya freenom telah lolos untuk uji tes keamanan penggunaan internet. Sebagai bukti pendukung lain dimana pada tahun 2013 bulan november Archiletos atau yang lebih dikenal dengan (dot)TK sebagai ccTLD terbesar yang telah digunakan lebih dari 20juta domain. Menurut survey ini merupakan salah satu ekstensi domain terbesar di dunia.

Kerja sama dengan beberapa partner dan pengalaman selama 12 tahun, membuat mereka akan selalu update dengan DNS Teknologi yang digunakan. Prestasi ini terbukti dengan penyediaan jasa penasehatan dalam mengorganisir industri industri dibeberapa negara. Nilai total dari freenom ini sekitar 3juta dollar US. Ini diinvest oleh Perusahaan KIMA Ventures. Mengenai KIMA ini sendiri adalah sebuah perusahaan yang didirikan pada tahun 2010 dengan prisip entrepeneurs for entrepeneurs. Kima juga memiliki investasi pada 205 perusahaan lain seperti Sparrow, Rapportive, SongPop, FormLabs yang telah tersebar di 23 negara diseluruh dunia. 

Jadi itulah sekilas tentang profil penggerak penyedia layanan domain gratis dari freenom. Secara back up perusahaan investor mereka yang lumayan besar. Tak ada salahnya menggunakan jasa domain mereka secara gratis. Setelah menggunakan jasa trial dari domain mereka selama satu tahun dipersilahkan menilai sendiri bagaimana layanan mereka. Apabila bagus tentu saja bukan hal yang tak mungkin untuk mmenggunakan jasa mereka lebih lanjut untuk mendapatkan domain pro.

Kelengkapan selanjutnya adalah hosting. Hosting merupakan sebuah server yang akan menyediakan tempat dimana data data website tersimpan. Pemilihan hosting yang baik tentu akan membuat performa website semakin mantab. Baca: Penyedia Hosting Gratis Berbahasa Indonesia.

Memuat