Penyedia Hosting Gratis Berbahasa Indonesia

Memulai untuk memiliki website harus memenuhi kelengkapan. Kelengkapan yang dibutuhkan agar website bisa ditampilkan secara online dibutuhkan salah satunya adalah hosting. Hosting ini sendiri merupakan server penyimpanan data yang mana menjadi tempat untuk menaruh semua file yang berkaitan dengan website. Ibaratnya, ini adalah gudang konten konten yang dibagika secara online. Selain hosting ini kelengkapan lain yang dibutuhkan adalah domain. Domain ini secara awam bisa dipahami sebagai nama atau identitas suatu website. Jika seseorang ingin melihat website, maka dia harus memanggil nama tersebut, kemudian semua tentang website akan ditampilkan dengan bantuan hosting ini.

Kali ini kita akan membahasa penyedia penyedia hostingan gratis. Untuk penyedia domain gratis bisa Baca: Daftar Domain Gratis untuk belajar Website. Memang sebaiknya menggunakan layanan hosting yang berbayar, sehingga bisa memberikan layanan penuh untuk mengelolal sebuah website. Namun tidak ada salahnya menggunakan layanan hosting gratis, apa lagi untuk yang masih dalam tahap pembelajaran dalam hal pembuatan sebuah website. Perbedaan mencolok antara hosting gratisan dan hosting berbayar hnya kekebbasan untuk mengkases beberapa fitur dan keterbatasan ruang penyimpanan saja.
Free Hosting 

Hosting Gratis yang Direkomendasikan

Sebenarnya banyak pihak yang menawarkan jasa hosting gratis. Pemberian fasilitas hosting gratis ini biasanya akan diberikan limit. Limit yang ditetapkan misalkan ada limit ruang penyimpanan, limit bandwith, fasilitas lainnya seperti auto backup, akun email dan lain sebagainya. Untuk itu dalam memilih sebuah hosting gratis maka perlu sebuah kebijaksanaan untuk memahami mana yang terbaik dan sesuai kebutuhan. Setiap penyedia hostingan gratis tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri, itulah yang ditekankan sekali lagi harus bisa memilah sesuai dengan kebutuhan website kita.

Penyedia hostingan gratis yang akan dikupas tuntas yaitu hostinger. Untuk area Indonesia, lebih dikenal dengan idhostinger. Idhostinger ini sendiri merupakan bagian dari hostinger(dot)com. Untuk layanan hosting berbayar hostinger menyediakan server dari beberapa negara seperti Singapore, Eropa, Amerika dan Australia. Bagi pengguna yang menggunakan jasa berbayar pastinya dipersilahkan untuk memilih lokasi server yang sesuai dengan area agar koneks lebih stabil. Sementara itu untuk pengguna yang menggunakan free account hanya bisa menikmati  lokasi server yang berada di eropa. Beberapa kelebihan dari hostinger ini adalah untuk cpnel dan halaman situs tersedia dalam bahasa Indonesia. Bagi kaum pemula yang masih kagok bahasa inggris mungkin ini menjadi suatu alternatif yang bisa mempermudah dalam belajar. 

Dalam layanannya hostinger menyediakan tiga klasifikasi. Ketiga klasifikasi tersebut tentunya beda dalam hal beda dalam hal fitur dan berbeda dalam hal harga. Merujuk kembali jika mengandaikan untuk seorang pemula, rasanya untuk memilih layanan gratis saja cukup di awal. Walaupun demikian untuk kalangan profesional sekalipun tidak ada salahnya juga untuk menggunakan layanan gratis ini sebagai langkah awal untuk penjajakan bagaimana layanan dari hostinger.

Lebih rinci mengenai masing-masing layanan yang tersedia yaitu, pertama untuk akun gratis. Akun tipe ini akan melayani user dengan fasilitas  Disk Space 2000Mb, Bandwith 100GB dan gratis subdomain jika belum memiliki domain sendiri. Sebagai penunjang elengkapan website user juga akan diberikan 2 Database MySQL, 2 akun email. Dalam hal pengelolaan akun hostinger juga memberikan kemudahan dalam hal Website builder dan juga bisa menggunakan Script Auto Installer. Hanya saja dalam menggunakan akun gratis ini akan dikendalai oleh server yang kurang stabil, prioritas support lebih rendah dan tidak adanya back up data website.

Tipe akun kedua yaitu akun premium. Akun premium adalah akun menengah yang lebih lengkap fitur jika dibanding dengan akun gratis. Harga akun premium ini berkisar antara 25ribu rupiah perbulan. Untuk jenis akun ini disk space dan bandwith unlimited. Jadi berapapun kapasitas website akan selalu available serta berapapun pengunjung website nantinya tidak akan terkendala dengan masalah bandwith. Fitur MySql data base serta akun email juga bisa dinikmati secara unlimited. Dalam hal pengelolaan semua sama dengan akun gratis, pengguna bisa menggunakan auto script installer dan website builder. Untuk akun berbayar ini tentu pihak hostinger akan memberikan layanan server yang stabil dengan dukungan support penuh. Hal terakhir untuk akun ini website akan di back up secara otomatis secara mingguan.

Layanan super dengan harga lebih mahal yang disediakan hostinger adalah akun bisnis. Kelebihan akun bisnis ini terletak dengan pemberian sertifikat SSL dan akses SSH penuh. Sebagai akun bisnis masalah server tentunya akan dijamin sangat stabil. Website sendiri akan di backup secara harian oleh pihak hostinger. Harga layanan ini sekitar 56ribu rupiah perbulannya.

Memulai Menggunakan Hostinger

Untuk mulai bekerja sama dengan idhostinger dan menggunakan jasa mereka untuk kepentingan hosting, tidak terlalu sulit. Pertama lakukanlah registrasi pada website mereka di http://goo.gl/XkiFWh. Pendaftaran bisa dilakukan dengan menggunakan akun akun facebook atau akun google secara otomatis. Secara normal pendaftaran juga bisa dilakukan dengan menggunakan alamat email. 

Apabila telah melengkapi berkas pendaftaran, pengguna bisa langsung masuk ke dashboard akun hostinger. Dalam hal ini, segera lakukan pemesanan hostingan. Nantinya akan tersedia pilihan tipe akun yang ingin digunakan, apakah akun gratis, akun premium atau akun bisnis. Jangan lupa untuk mempersiapkan domain untuk melengkapi pemesanan hosting. Jika belum memiliki domain pengguna bisa menggunakan sub domain yang disediakan oleh hostinger.

Kelebihan dan Kekurangan Hostinger

Dari semua pengalaman rekan lain yang pernah menggunakan jasa hosting dari hostinger. Bisa didapat beberapa hal yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari hostinger. Bukan bermaksud untuk menjatuhkan nama hostinger, tetapi ini hanya semata-mata pengalaman dan untuk kekurangan semoga menjadi hal yang bisa diperbaiki oleh pihak hostinger ke depannya. 

Kelebihan dari hostinger ini, pertama untuk proses registrasi sangat sederhana dan mudah untuk dilakukan. Kelebihan lain yang jarang ditemukan pada hosting gratis lain adalah halaman situs mereka tersedia dalam bahasa Indonesia, begitu juga untuk cpanel-nya. Bagi yang belum memiliki domain, hostinger akan memberikan subdomain secara cuma-cuma kepada pengguna. Dalam penggunaan script auto installer, pengguna juga pasti diuntungkan oleh hostinger dengan penyediaan script auto installer terbaru. Contohnyanya untuk cms wordpress, beberapa free hosting lain masih menggunakan versi 4.2, sementara itu terakhir kali ketika artikel ini ditulis hostinger telah menyediakan wordpress 4.4. Pengunaan layanan gratis pun, website anda akan terbebas dari iklan iklan, karena beberapa hosting gratis lainnya, memberikan layan hosting gratis namun mereka menampilkan iklan iklan mereka pada website yang dikelola. Ini tentu akan sedikit menganggu pengunjung website si empunya.

Menilik hal kekurangan dari hostinger ini adalah untuk layanan gratis mungkin karena server kurang stabil. Beberapa kali mungkin website tidak akan loaded secara sempurna. Pada jam jam tertentu kadang loading website terkesan agak lama. Bagi para pemulapun juga harus memperhatikan bahwasanya nanti akun gratis kadang terancam dihapus. Alasan penghapusan hosting gratis biasanya jika website tidak aktif atau tidak mendapatkan kunjungan uni dalam waktu sebulan.

Memuat