Apakah itu Qubicle

Jika akhir akhir ini kita sering menonton televisi, maka pasti akan sering ditemui sebuah iklan yang unik. Iklan dengan kepala orang orang dengan kotak-kotak melakukan gerakan yang atraktif. Akhir akhir ini diungkap si-kepala kotak itu ternyata beberapa nama public figure seperti nicholas saputra, rio haryanto dan lain-lain. Namun iklan tersebut pada akhirnya tentu akan membuat penasaran. Mereka tidak memaparkan produk atau jasa apa yang mereka berikan pada masyarakat. Pada bagian akhir iklan hanya ditulis alamat website qubicle.id.

Qubicle.id

Qubicle Adalah

Qubicle adalah sebuah layanan microsite. Layanan ini lahir dengan dalih besarnya pasar konten digital di Indonesia pada kalangan anak muda. Buka hal aneh lagi, kalangan muda sangat akrab dengan revolusi digital. Awalnya layanan ini diluncurka dalam bentuk portal microsite. Pada akhirnya qubicle sendiri telah merilis semua pelayanan pada Februari 2016. 

Para pengguna qubicle pada tahap awal akan diwajibkan melakukan pendaftaran. Setelah melakukan proses registrasi user akan ditantang untuk melakukan tantangan memecahkan badge yang terkunci pada masing masing akun yang dimiliki. Badge tersebut dikenal dengan istilah Qube. Qube akan terbuka satu demi satu sesuai tantangan yang telah dilalui oleh pengguna. Untuk melakukan pendaftara sendiri tidak akan dibebankan biaya.

Sederhananya memahami dalam istilah singkat, ini bisa disebut sebagai sosial media. Kelebihannya social media ini dipadukan dengan content creation platform. Bahasa awamnya bisa dikatakan sosial media dimana kita juga bisa berbagi konten-konten tertentu. Administrator akan melakuka approve pada setiap konten yang di-share oleh pengguna qubicle. Menariknya kita bisa terhubung dengan orang-orang yang memiliki bidang ketertarikan yang sama. Oh iya, untuk setiap tantangan Qube yang berhasil diselesaikan pengguna juga akan diberikan 'hadiah'. Sama seperti sosal media lainnya, untuk setiap postingan dari orang lain  pengguna qubicle juga bisa melakuka 'like', ' share' ataupun repost. 

Sejauh ini qubicle telah memiliki 10000 lebih pengguna aktif. Hal ini tentu tak terlepas dari gencarnya promosi yang mereka lakukan di berbagai media, termasuk televisi dan sosial media lainnya. Itulah mengenai iklan yang anda lihat di media tentang 'manusia ' berkepala kotak tersebut. Iklan sebuah  social content network.

Tentang Qubicle

Sebagaimana telah dipaparkan diatas bahwasanya qubicle merupakan percampuran sosial media dan content-creation platform. Berdasarkan basis layanan tersebut Qubicle memiliki misi untuk penyediaan platform berbagi konten digital yang berkualitas pada bidang bidang yang diminati oleh pengguna. Hal ini direalisasikan dengan pendekatan berlandaskan pada sebuah komunitas. Qubicle akan menghimpun sejumlah konten online untuk penyediaan informasi hal yang diminati. Selain aktif secara online qubicle juga sering melakukan pergelaran offline dan mengandeng komunitas komunitas tertentu untuk meningkatkan user dan memperluas jaringan pengguna.

Qubicle ini dikembangkan oleh Codigo Cyberlin Metadata dengan tujuan akan menjadi tempat berupa pusat galeri konten yang sesuai denga passion pengguna.Pernyataan ini disampaikan oleh Marketing Communications Specialist Qubicle Avi Kurwet, bahwasanya Qubicle  akan melahirkan sebuah fitur sosial untuk menghubungkan berbagai anak muda dengan ketertarikannya masing-masing kedepannya.

Qubicle sendiri dioperasikan dari Jakarta oleh PT. Multi Kanal Media. Untuk berinteraksi dengan pihak ini bisa dilakukan melalui sosial media seperti facebook  dengan nama Qubicle. Untuk pengguna instagram juga bisa memfollow akun instagram mereka di Qubicle_id. Pengguna twitter juga bisa follow username twitter Qubicle_id. 

Beberapa Istilah dalam Qubicle

Sebagaimana facebook dengan istilah like, comment ataupun twitter dengan istilah Reply, Like dan Retweet. Sosial content media qubicle juga memiliki beberapa istilah dalam penggunaan qubicle. Adapun beberapa istilah tersebut yaitu,
  1. Connect Istilah perkenalan dengan orang orang orang baru. 
  2. Create Memulai membuat akun Qubicle
  3. Collaborate: Bersama sama berkarya dengan orang yang memiliki passion yang sama
  4. Like: Menyukai sebuah postingan.
  5. Comment : Memberikan komentar
  6. Share : Membagikan sebuah postingan di qubicle
  7. Reqube: Memebagikan postingan user lain di halaman sendiri.
Demikianlah beberapa hal tentang qubicle yang bisa dijelaskan. Jika anda ingin mencoba lebih bersosialita dengan orag yang memiliki passion sama dengan anda tak ada salahnya mencoba jaringan satu ini. Alamat resmi website qubicle ini yaitu qubicle(dot)id. Selanjutnya ada informasi baru juga, ternyata untuk sosial media bisa menghasilkan uang. Salah satunya akun sosial media i monetisasi dengan blogmint. Mengenai blogmint untuk lebih lengkap bisa dipahami pada artikel : Apa itu Blogmint.

Memuat