Review Apa itu Bitcoin

Bagi yang akrab dan sering melakukan kegiatan online pasti akrab denga  kata Bitcoin. Apalagi untuk para pecandu bisnis online, Bitcoin ini telah menjadi bagian penting untuk diketahui. Jika tidak tahu, artinya mungkin mainnya belum jauh. Tapi tak masalah bagi yang belum tahu, biar tak ketinggalan main jauh berikut nfomrasi tentang bitcoin.

Apa itu Bitcoin?

Bitcoin adalah sejenis alat pembayaran berupa mata uang. Persis sama dengan peran uang yang dimiliki bitcoin bisa digunakan sebagai investasi dan simpanan untuk masyarakat luas. Perbedaannya bitcoin ini hanya dalam bentuk virtual. Bitcoin ini sendiri ditemukan oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2009. Sekilas mungkin ini bisa disamakan dengan eGold, namun secara mendetail ini memiliki beberapa perbedaan.
Bitcoin sebagai salah satu pembayaran dan investasi
Perbedaan mendasar yaitu, seorang pemilik akun bitcoin harus menginstall dompet bitcoin pada device seperti komputer pribadi, tabelt, handphone dan lainnya. Istilah sederhananya, device yang dimiliki berperan sebagai dompet. Resiko terbesar apabila nanti tablet, komputer ataupun handphone rusak tanpa diback up. Artinya pemilik bitcoin telah kehilangan dompetnya. Jika dompet hilang, ya tahulah semua hilang.

Dengan bitcoin ini, pemilik akun bisa melakukan beberapa transaksi seperti transfer dana. Transaksi bisa dilakukn dengan anonim sehingga tetap menjaga kerahasiaan data lainnya. Hal ini dikarenakan bitcoin tidak berada dibawah pengaruh lembaga pemerintahan apapun. Meskipun dibeberapa negara ada pemilik akun bitcoin dikenakan pajak, namun untuk di Indonesia sendiri belum ada regulasi tentang bitcoin ini dari pemerintah, sehingga pemilik bisa bertransaksi bebas tanpa dikenai pajak.

Memang semua memudahkan untuk melakukan transaksi. Tetapi harus diingat semua data keuangan disimpan pada komputer masing masing user. Bukan dari sebuah server data seperti Paypal dan eGold. Tanggung jawab keamanan data dan informasi di tangan pemilik akun sendiri. Bitcoin ini hanya sebagai media bertransaksi saja atau sebagai satuan nilai mata uang saja seperti layaknya dollar, euro dan lain lain. Jika memiliki dollar didompet, maka tanggung jawab pemilik dompet untuk mengamankannya. Jika dompet hilang dollar tersebut hilang. Berbeda denga Paypal yang mana user bisa mengakses akun dari mana saja, karena data disimpan oleh pihak penyedia Paypal.

Perkembangan bitcoin ini sangat menakjubkan. Nilai bitcoin akan tetap, dan akan melambung jika dibanding dengan nilai mata uang pemerintah. Sebagaii contoh pada tahun 2013, nilai bitcoin pada awal tahun $13/bitcoin. Memasuki periode akhir tahun nilai bitcoin menngkat menjadi $860/bitcoin. Hal inila yang dipercaya bahwasanya bitcoin ini memiliki prospek menjadi investasi.

Untuk mendapatkan bitcoin bisa dilakukan dengan dua cara. Cara pertama yaitu dengan penggunaan algoritma kompleks untuk menemukan block bitcoin. Ini disebut menemukan bitcoin secara mining. Berikutnya jika ingin memiliki bitcoin bisa membelinya di exchanger exchanger. Cara kedua ini dilakukan untuk menginvestasikan uang. Sebagai pebisnis online cara cara lain untuk mendapatkan bitcoin mungkin dengan mengikuti program tertentu seperti Paid to Click, LinkShortener dan lainnya yang menggunakan sistem pembayaran komisi dengan bitcoin. Disinilah peran bitcoin sebagai alat pembayaran.

Transaksi dengan Bitcoin

Transaksi dengan bitcoin bisa dilakukan antara sesama pemilik akun bitcoin. Pada walet bitcoin bisa dilihat mnu transfer dan memasukkan id tujuan transaksi ke si penerima. Dari informasi yang diperoleh bahwasanya untuk Indonsia telah ada kantor cabang bitcoin. Kantor cabang bitcoin di jakarta dengan alamat Seasons City Mall Lantai GF-2 blok A10 No.05, Tambora, Jakarta.  DIkantor cabnan tersebut user bitcoin bisa melakukan jual beli Bitcoin dengan mata uang Rupiah, top up atau penarikan saldo akun VIP, menukar data akun VIP, seperti e-mail dan nomor telepon.
Sebelumnya seperti dijelaskan diatas pengguna harus menginstal walet bitcoin di device mereka. Aplikasi wallet bitcoin tersebut bisa didonwload di electrum.org, bitcoinarmory.com, multbit.org bagi pengguna komputer atau laptop. Bagi pengguna blackberry bisa mencari aplikasi bitcoinwallet di blackberrystore. Begitu juga bagi pengguna android atau iOS, bisa dicari saja masing masing di Google Playstore dan Appstore. Dari wallet tersebut yang harus diinat adalah password tidak boleh lupa. Jika lupa password maka dipastkan anda kehilangan semuanya, karena tidak ada fitur forget password disini.

Sangat disayangkan disini, pengguna bitcoin tidak bisa menaik langsung dana mereka ke rekening bank seperti layaknya Paypal. Jika di-paypal semua blance bisa ditarik ke rekening bank lokal, namun untu bitcoin pemilik harus menukarnya ke exchanger bitcoin terlebih dahulu. Tetapi jangan khawatir, bitcoin telah bisa digunakan untuk transaksi di beberapa toko online ataupun offline di Indonesia. Briku daftar toko yang menerima bitcoin sebagai opsi pembayaran di toko mereka.

Toko yang Menerima Bitcoin di Indonesia

  1. Upstairs Cafe Cikini yang beralamat di Jl. Cikini Raya No. 45 Cikini – Jakarta
  2. Semesta Rental Car penyewaan mobil dengan alamat Jalan Utari 1B no. 1. Pondok Indrapasta, Semarang. Contact person via mobile : 0821 3678 9758
  3. PT. Sinar Daku, perusahaan manufaktur pembuatan selang PVC dan barang barang dari plastik yang beralamat di Jl Prof Dr Latumenten, Gg Hasbilan 3 no 11, Jakarta Barat. Telp : 6318272
  4. Layanan Hosting RepublikHost.com, NameCheap.com 
  5. Perlengkapan Bayi dan anak oleh Hobihouse.com dan Cilukba.co.id
  6. Jual beli uang uang antik UangKuno.net
  7. Kebutuhan perlengkapan rumah tangga perabot dan lainnya  di Overstock.com dan Grosirmu.com
  8. Distro online di Faiyo.net
  9. Fastcell.net Voucher pulsa, Voucher token PLN, Voucher game online di Fastcell.net
Itulah di atas beberapa toko online yang bisa menerima pembayaran melalui bitcoin. Bagi yang memiliki saldo bitcoin bisa menggunakan langsung untuk berbelanja di toko toko tersebut. Namun jika ingin mencairkan bitcoin ke rupiah bisa menukarnya pada exchanger exchanger terpercaya. Semoga informasi dan review ini bisa membantu.

Memuat