Apa itu uberPOOL?

Padatnya serta meningkatnya jumlah kendaraan di kota Jakarta selalu menjadi permasalahan umum yang tiada hentinya. Dalam harian menurut data yang diperoleh selalu ada rata-rata 6000 kendaraan baru dan terdapat sekitar 25ribu lebih perjalanan yang dilakukan oleh penduduk Jakarta. Dengan alasan tersebut, timbulah kemacetan. Tercatat di kota Jakarta rata-rata kecepatan kendaraan hanya 4 km/jam hinga 12 km/jam dalam situasi sibuk. Jika dibiarkan makan akan menimbulkan masalah terhadap mobilisasi penduduk untuk beraktivitas.

Dalam perhitungan angka lainnya warga Jakarta diidentifikasi menghabiskan waktu 400 juta jam pertahun hanya untuk melakukan perjalanan. Secara ekonomis ini tentu akan mengurangi produktivitas masyarakat Jakarta. Secara alam, polusi yang disebabkan oleh kendaraan ini tentunya akan berdampak akan kualitas kehidupan, terutama dalam hal kesehatan.
Tampilan Uberpool


Apa Itu Uber Pool

Salah satu hal yang bisa digiatkan dalam mengatasi masalah ini adalah dengan ikut serta menggunakan angkutan umum. Bagaimanapun tentu kualitas pelayanan transportasi umum yang telah digagas pemerintah seperti pengadaan bus Transjakarta belum bisa dikatakan baik. Hal ini lebih dibuktikan dengan fakta dimana masyarakat sedikit enggan menggunakan fasilitas tersebut dengan alasan keamanan dan kenyamanan.

Integrasi perkembangan teknologi, memberikan ruang kemudahan untuk jasa layanan transportasi. Berbagai aplikasi berbasis smartphone hadir membantu penyediaan transportasi yang lebih baik bagi masyarakat. Tersebutlah dalam hal ini sudah tak asing lagi bagi kita itu aplikasi Go Jek, Grab Bike, Grab Car, Go Car dan Uber. Semua penyedia layanan tersebut memberikan sesuatu yang lumayan memberikan kenyamanan dari kepada pengguna, terlepas dari pro dan kontra akan keberadaan mereka yang menandingi keberadaan angkutan umum ‘tradisional’.

Dalam hal ini, salah satu layanan yang akan di bahas adalah mengenai uber. Lebih khusus tentang uberPool. UberPOOL merupakan sebuah pelayanan transportasi berbasis online yang memberikan kemungkinan bagi pengguna dengan arah tujuan serta waktu yang sama untuk menggunakan satu mobil. Latar belakang pengunaan ini adalah untuk meminimalisir orang untuk menggunakan kendaraan pribadi masing masing. Keuntungan lain bagi konsumen tentu untuk cost atau biaya perjalanan akan menjadi lebih murah. Program ini tentu akan memberikan efek yang mutualisme antara penyedia jasa, pengguna bahkan pemerintah sekalipun.

Cara Menggunakan UberPool

Menu Uberpool telah terdapat pada aplikasi bawaan Uber. Jika pada aplikasi belum ditemukan menu tersebut, solusinya adalah dengan melakukan update terhadap aplikasi tersebut. Update bisa dilakukan pada gadget sesuai OS yang digunakan (Google Playstore atau Appstore). Pemesanan bisa dilakukan seperti biasa dengan memilih lokasi pick up, tujuan dan metoda pembayaran. Secara umum tidak akan jauh berbeda dengan pemesanan seperti biasanya.

Aplikasi uBerPOOL secara otomatis akan mencari orang lain yang memiliki tujuan yang sama. Terdapat dua kemungkinan, dimana penumpang lain telah berada di mobil sebelum anda. Jika ini terjadi maka aplikasi uBerPOOL telah memberikan nama rekanan anda dimobil. Kemungkinan ke-dua, jika anda orang pertama yang memesan maka driver akan menjemput penumpang berikutnya. Hal ini dipastikan tidak akan merugikan, karena prinsip dari penggunaan aplikasi ini adalah arah tujuan dan waktu yang sama.

Kembali pada kilasan di atas dimana disebutkan bahwa biaya perjalanan lebih murah. Bisa dipastikan biaya perjalan akan lebih murah dengan menggunakan uBerPOOL ini karena bisa di bilang ini merupakan sebuah bentuk patungan. Nah, bagaimana jika tidak mendapatkan partner? Dalam kasus seperti ini penumpang tetap akan membayar tarif yang telah ditetapkan dari awal. Lebih sederhananya bisa di katakan ini merupakan perkawinan silang antara angkot dan taksi.

Aplikasi ini telah bisa dinikmati warga Jakarta dari mulai saat ini. Bahkan pihak uber hingga tanggal 18 Agustus 2016 memberikan promo. Bagi konsumen akan diberikan kredit sebesar Rp 75000. Untuk menikmat promo tersebut pengguna bisa menggunakan kode promosi uberPOOLJKT pada aplikasi uber. Uber juga mengundang bagi pengguna untuk berbagi pengalaman ketika menggunakan uber. Pengguna bisa memberikan komentar melalui akun twitter atau instagram dengan alamat @uber_jkt (gunakan hashtag #uBerPOOL). Bagi yang beruntung akan mendapatkan credit uber sebesar Rp 200000 /perorang untuk 10 orang. Baca Juga : Aplikasi untuk 'Asisten Pribadi' Online.

Memuat