Mengupas Bisnis MMM Indonesia

Baru baru ini marak iklan di internet tentang MMM Indonesia. Promosi iklan yang sangat gencar ini tentu akan melahirkan sebuah tanda tanya besar. Seperti apakah bisnis ini? Bagaimana menjalankan bisnis ini dan bagaimana sistem bisnis ini. Hal yang tidak kalah pentingnya tentu dengan promosi yang begitu totalitas, apakah sistem bisnis MMM Indonesia penipu atau benar benar membayar dan patut untuk dijadikan sumber penghasilan passive.

MMM Indonesia

Mengenal MMM Indonesia


MMM adalah sebuah komunitas yang diklaim untuk menghancurkan sistem keuangan yang mereka anggap tidak adil. Sistem ini diciptakan oleh Mavrodi. Dalam situs MMM diungkapkan bahwa bisnis ini bukanlah bisnis sejenis HYIP, moneygame, ataupun program Multi Level Marketing. Program ini didasarkan atas dasar kemanusian untuk saling membantu sama lain. Semua dana dari pemberi bantuan akan ditransfer ke penerima bantuan. 

Untuk alamat lengkap kantor pusat MMM ini berada di Ruko frontage Road Blok O No 151, Jl. A Yani, Wonocolo, Jawa Timur 60237. Lebih lengkap jika ingin bertanya tentang apa saja bisa mengunjungi website MMM dan melakukan livechat. Istilah MMM sendiri merupakan singkatan dari Manusia Membantu Manusia. Beberapa media online mengistilahkan MMM ini Mavrodi Mondial Moneybook. Perusahaan perputaran uang ini dikenal sangat booming. Peserta akan dijanjikan mendapatkan uang kembali sebesar 30% dari modal yang ditransfer. 

Sistem Kerja MMM Indonesia

Sistem kerja yang ditawarkan oleh website ini sangatlah sederhana. Ini bukan berupa program investasi. Seorang akan memberikan bantuan pada yang lain. Berdasarkan petunjuk kerja yang dibaca dari website MMM, setelah melengkapi persyaratan administrasi maka peserta akan memberikan bantuan dengan istilah PH. MMM menjanjikan bantuan yang diberikan akan dikembalikan dalam jumlah 130% dengan rincian 100% modal pertama dan 30% merupakan bonus. MMM menyatakan pihak mereka hanya sebatas penyedia sistem saja.

Dalam melakukan pemberian bantuan, MMM mengunakan mata uang internal dengan nama mavro. Nantinya mavro ini yang akan tumbuh dalam pembagian hasil dan dikonversikan lagi menjadi mata uang umum. Pertumbuhan 'pemberian bantuan' normal berkisar antara 30%. Angka tersebut bisa ditingkatkan menjadi 100% apabila peserta ikut serta dalam melakukan tugas tugas yang diberikan oleh pihak MMM. Perhitungan bunga akan diupdate dua kali dalam seminggu yakni pada hari selasa dan kamis.

Ketika melakukan pendaftaran peserta diwajibkan memberikan bantuan (mentransfer sejumlah dana )dalam waktu 48 jam, jika tidak maka keanggotaan akan terhapus oleh sistem yang disediakan pihak MMM. Dalam hal ini pembatasan pemberian bantua minimun adalah Rp.20.000,- dan maksimun sejumlah Rp.250.000.000,-. Seorang pengguna tidak diijinkan memiliki akun lebih dari satu akun.

Ideologi dan Jangkauan Jaringan MMM

Latar belakang pendirian MMM ini menurut foundernya adalah tidak adilnya sitem keuangan modern sehingga sulitnya mencapai hidup sejahtera. Dalam tulisannya sang founder menyatakan kenapa kehidupan petani yang berkerja lebih keras tidak sebaik kehidupa seorang bankir. Dengan visi untuk mengubah pandangan hidup orang  yang berprinsip 'Jalani Saja'. Mengubah prinsip prinsip alami dalam hal finansial.

Persamaan hak merupakan landasan utama berdirinya MMM ini dimana menuntut kebebasan untuk melakukan hal yang diinginkan. Jika penasaran dengan prinsip dan ideologi yang diusung oleh MMM ini selengkapnya bisa dibaca pada situs mereka pada bagian Tentang MMM.

Pendapat dan Pengalaman dari Peserta MMM

Mungkin untuk situs situs sejenis bisnis akan melampirkan komentar dan testimoni yang positif saja pada website mereka. Bahkan sebagian situs ada yang melampirkan komentar dan testimoni yang direkayasa. Hal ini semata mata untuk menarik keinginan pembaca lain untuk ikut serta. Pada review MMM kali ini saya tidak akan menulis testimoni positif karena untuk hal ini bisa dilihat diwebsite mereka saja. 

Dari hasil browsing saya dapatkan dari media online Kompas (04/2015) beberapa pengalaman dan review tentang MMM Indonesia ini. Pertama pengalaman seorang member bernama Ama yang berasal dari Cirebon. Ama mengakui tidak lagi menerima bonus dalam tempo waktu lebih dari 30 hari sesuai yang dijanjikan oleh pihak MMM. Padahal Ama telah melakukan sesuai prosedur yang diminta MMM yaitu melakukan Provide Help atau PH. Dalam sistem yang ditawarkan setelah melakukan PH (transfer dana) maka dana akan dikembalikan dalam waktu yang tidak kirang dari 30 hari. Hal ini menurut Ama telah melanggar aturan main awal.

Pengalaman Ama awal bergabung dengan MMM, pada bulan pertama pengembalian PH berjalan lancar. Oleh karena itu dia mengajak anggota keluarga lain untuk ikut bergabung dengan mendepositkan dana sejumlah 135 juta rupiah. Namun sayang dana tersebut tidak kembali. Pengalaman lain juga dirasakan oleh Dedi, member MMM asala Kalimantan Tengah. Dedi mengeluhkan dirinya tidak mendapati GH.

Hasil Audit OJK terhadapa MMM 

Dengan gencarnya periklanan yang dikembangkan MMM, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Satgas Waspada Investasi khawatir dengan skema MMM. Hal ini mengingat ketidak seimbangan antara penerima bantuan dan pemberi bantuan. MMM sendiri berpromosi sangat rajin di media massa nasional bahkan berani berpromosi di iklan televisi. Promosi juga dikiatkan dengan menyampaikan pesan lewat messenger seperti BBM dan Whatsapp.

Akhirnya OJK mengambil keputusan untuk meminta bantuan pada Kominfo dan KPI untuk menghentikan iklan yang dilakukan oleh MMM. Menurut OJK kegiatan keuangan yang dilakukan oleh MMM ini sangat berpotensi membuat kerugian pada khalayak ramai. Karena ini nantinya aka menjadi sebuah sistem gagal seperti money game. Hal ini mengingat pendapatan hanya bergantung pada hasl rekrutan anggota baru, sementara itu ada banyak member yang harus diberi komisi 30% dari setoran dana yang dibayarkan. 

Dalam hal ini juga penting untuk diketahui bahwasanya MMM juga belum memiliki izin dan tidak memiliki badan hukum. Secara bisnis, tawaran dalam bisnis ini juga tidak memiliki aset dasar atau underlying asset. Dalam penyelesaian akuntabilitas MMM , Rusli Nasution, Kepala Departemen Penyelidikan OJK menyatakan, OJK telah mengundang koordinator MMM dari Bekasi, Tangerang dan Bogor pada 7 April 2015. Undangan tersebut bertujuan menerangkan bagaimana skema MMM yang sebenarnya. Tetapi pihak MMM berhalangan hadir, dengan alasan sibuk.

MMM ini diperkenalkan oleh  warga negara Rusia pada Juli 2012. Namun, mereka tidak terlalu banyak melakukan aktivitas karena khawatir MMM akan dianggap sebagai program menggalang dana dengan tujuan menipu masyarakat. Kemudia pada bulan Oktober tahun 2012, Robertus Julyanto mengadakan dengan Leader MMM Ukraina, Stanislav Boyko. Akhirnya pada bulan November 2012, Robertus mulai mengembangkan sistem MMM ini. Hingga terhitung 26 Januari 2013, MMM Indonesia mulai aktif dengan 50 member. Hingga pada akhirnya pada tanggal 28 Mei 2014 tercatat 685.000 akun aktif bergabung dibawah Robertus.

Nah itulah sekilas review tentang MMM Indonesia. Tulisan ini ditulis dalam keadaan netral dimana penulis bukanlah anggota dari MMM. Semua tergantung keputusan pembaca untuk ikut serta dalam program Mavrodi atau tidak. Pertimbangkan matang-matang,pahami setiap resiko engan hati-hati karena ini menyangkut hal keuangan. Berikut ada sebuah sistem marketing terbaru. Baca : Mengenal Q Marketing dari Azaria. Semoga informasi ini membantu.

Memuat