Perbandingan Memasang Iklan di Facebook dan Twitter

Maraknya perkembangan sosial media menjadi salah satu opsi untuk berpromosi. Para pebisnis menjadikan sosial media sebagai alat untuk memperkenalkan brand dan produk produk mereka. Berfokus pada dua sosial media terbesar saat ini yaitu twitter dan facebook. Kedua media sosial ini menyediakan jasa pemasangan iklan. Pengguna bisa memasang iklan mereka pada ke dua sosial media ini, pemasangan iklan tersebut tentu inilah yang akan menjadi sumber pendapatan bagi facebook dan twitter. Artikel ini akan memberikan gambaran perbandingan berpromosi di facebook dan twitter, mana yang lebih baik dan lebih menguntungkan.
Perbandingan Twitter Ads vs Facebook Ads

Beriklan di Twitter

Konteks pembahasan pemasangan iklan di sini adalah iklan resmi oleh twitter dengan menggunakan Twitter Ads. Ini diluar iklan iklan endosement suatu akun. Semua iklan dari twitter ads akan diterbitkan dan di bayarkan langsung pada pihak twitter.

Memasang iklan di twitter ataupun dimana saja tentu harus dipertimbangkan dengan matang. Tidak mungkin berkeinginan rugi dengan sibuk setting, upload gambar, menyusun kata kata, harus membayar lagi ternyata usaha tersebut nihil efeknya terhadap bisnis yang dipromosikan. Pertimbangan pertimbangan dilakukan dengan melihat data dan fakta. Dalam marketing lebih mendalamnya tentu harus melihat bagaimana komunitas pengguna yang akan ditembus dengan iklan produk. Apakah terkait dan merupakan orang orang yang relevan dengan produk yang ditawarkan atau tidak.

Dari data yang diperoleh dari Word Stream, secara harian orang orang berinteraksi dengan twitter sebanyak 233 juta. Hal ini mencerminkan ukuran populasi target iklan. Tetapi dari kesemua itu tidak berarti semua akan relevan dengan produk yang ditawarkan.

Sebuah iklan di Twitter Ads berharga $3.5 dalam satuan impression ( iklandilihat oleh 1000 orang). Harga ini tergolong mahal dibandingkan beberapa sosial media lain. Namun nilai baiknya dimana persentase engagement twitter lebih besar yaitu 3%. Persentase Engagement ini merupakan perhitungan (dalam persen) antara banyaknya tampil iklan dan peran aktif konsumen iklan seperti melakukan retweet, like, share dan mengunjungi halaman yang dipromosikan. Itulah kelebihan dari twitter, dengan harga yang memang mahal, tetapi target iklan lebih jitu.

Secara detailnya jika di hitung, dengan harga $3.5, iklan tersebut menyentuh target 30 orang yang berinteraksi langsung dengan iklan. Nah jika dirata-ratakan harga promosi yang berarti ada $0,11 untuk satu calon konsumen. Lalu bagaimana dengan facebook, berikut data untuk media sosial facebook. Baca: Cara Memasang Iklan di Twitter Ads.

Beriklan di Facebook

Dari data dengan sumber yang sama, dan tipe iklan yang sama nantinya. Word Stream mencatat jumlah pengguna facebook harian sekitar 1,15 milyar orang. Jauh sekali perbedaanya jika dibanding dengan twitter. Memang semua orang telah mengetahui popularitas facebook jauh di atas twitter. Lalu apakah ini berarti akan untung dengan beriklan di facebook jika dibandingkan dengan twitter?

Harga tampilan iklan untuk 1000 kali tayang pada facebook (iklan yang setara di twitter tadi) adalah $0.59. Sangat murah, 600% lebih murah dibandingkan dengan twitter. Advertiser tidak terlalu besar menyediakan biaya. Namun jika ditelaah lebih dalam, dari iklan facebook Word Stream mencata Engagement yang terjadi hanya 0,2 %. Dalam kalimat lain bisa dikatakan hanya 2 orang dari 1000 orang yang akan berinteraksi aktif dengan iklan tersebut. Memang sih, harganya untuk 1000 orang tersebut Cuma $0,59.

Secara kasat mata memang lebih murah, namun jika dirata ratakan maka untuk satu nilai interaksi aktif calon konsumen harus mengeluarkan biaya $0,29. Secara ekonomisnya, modal berpromosi untuk satu jenis produk yaitu $0,29.

Kesimpulan Perbandingan Twitter Ads dan Facebook Ads

Dari analisa data di atas bagi yang tidak menghitung secara detail tentu akan memilih facebook. Terlihat dari biaya total untuk iklan produk. Namun bagi yang meperhitungkan dengan fakta dan data, tentu akan lebih memilih twitter. Alasan nyatanya sudah dijelaskan bahwasanya untuk biaya promosi suatu barang hingga terjual lebih murah twitter ($0,11) dibanding facebook ($0,29).

Memang jika memiliki budget yang sama, tampilan iklan tentu akan banyak tampil di facebook. Namun meskipun pada twitter iklan tampil lebih sedikit, namun lebih tepat sasaran. Review ini hanya berdasarkan data dan perhitungan matematis. Hal lain yang dipertimbangkan tentu tentang faktor pemasaran yang lainnya seperti kebutuhan masyarakat akan produk yang ditawarkan, juga mengenai bagaima tampilan iklan yang di desain sehingga menarik buat konsumen. Baca : Facebook dan Twitter Jadi Kerja Sampingan yang Menghasilkan.

Memuat