Cara Memasang Iklan di Twitter Ads

Sosial media memberikan pengaruh yang cukup besar pada kehidupan global. Dengan adanya sosial media akan ditemukan kebebasan interaksi dan komunikasi melampaui batas batas wilayah. Dengan efek dan peran yang begitu luas, sosial media sejenis twitter bisa dijadikan sebagai sebuah sarana dan alat untuk memperluas jaringan bisnis. Upaya tersebut didukung dengan adanya layanan twitter ads oleh twitter sendiri. Beragam cara, seperti promosi website, menambah jumlah follower twitter, promosi aplikasi untuk smartphone dan berbagai bisnis penjualan lainnya bisa dilakukan disini. Berikut artikel yang memberikan gambaran umum bagaimana cara memasang iklan di twitter ads.
Beriklan di Twitter

Biaya Beriklan di Twitter Ads

Dari halaman resmi twitter pengeluaran untuk beriklan d twitter dipengaruhi tawaran dan anggaran. Sistemiklan twitter ini hampir sama dengan pelelangan. Maksudnya yaitu anggaran dan tawaran dari advertiser yang menentukan nilai atau harga iklan. Di sini tidak ditetapkan harga minimum untuk beriklan. Tagihan atau fee akan dikenakan jika iklan yang dipasang memperoleh tindakan sesuai tujuan dan jenis iklan.

Saat melakukan setting iklan, advertiser dapat memilih metode pembayaran apakah dengan metode tawaran otomatis atau tawaran maksimun. Tawaran otomatis adalah dimana pihak twitter secara otomatis menanggarkan biaya iklan dengan target yang di inginkan advertiser. Iklan sendiri tetap akan terbit atas nama si pengiklan. Peran twitter lebih sederhananya akan memberikan penawaran lelang dengan harga paling kecil dan memberikan gambaran target iklan.

Metode kedua dengan tawaran maksimun. Advertiser bisa memilih sendiri berapa harga untuk aktivitas yang melibatkan iklan tersebut. Tawaran harga berasal dari advertiser, jumlah yang ditawarkan tersebut bukan berarti harus membayar segitu. Sesuai dengan hasil yang diperoleh maka itulah yang harus dibayarkan oleh pihak advertiser. Baca :  Perbandingan Memasang Iklan di Facebook dan Twitter.

Bagi yang masih bingung perbedaan kedua metode tersebut, di singkat begini saja. Untuk tawaran otomatis, limit anggaran ditentukan oleh twitter. Twitter akan berupaya memberikan penawaran terbaik terhadap biaya iklan di advertiser. Sementara itu, tawaran maksimum limit anggaran di tetapkan oleh pengiklan sendiri. Seperti saya punya biaya $500. Nantinya twitter akan mengupayakan iklan dengan harga segitu. Beberapa tipe jenis iklan pada twitter dan ketentuan pembayarannya sebagi berikut.

Jenis Iklan Twitter Ads dan Ketentuan Pembayaran

Iklan untuk pengunjung website. Iklan ini digunakan untuk meningkatkan pengunjung ke website. Dengan memilih tipe iklan ini maka, tweet yang berisi promosi website akan menjangkau target bahkan diluar follower akun sendiri. Advertiser akan dikenakan tagihan jika terjadi klik oleh pengguna twitter yang menuju website mereka. Lebih sederhananya ini seperti PPC. Untuk iklan yang tidak di klik dan sebatas tayang, reply, retweet advertiser tidak akan dikenakan biaya.

Iklan berikutnya adalah untuk memperbanyak follower. Tujuan dari iklan ini adalah untuk memperbanyak follower sebuah akun twitter. Iklan akan dikenakan biaya jika ada seseorang yang mengikuti akun advertiser melalui penayangan iklan tersebut. Aktivitas iklan yang tayang, reply dan retweet tidak dihitung sebagai hal yang harus di bayar.

Iklan interaksi, dimana biaya akan dibayar oleh advertiser jika terjadi interaksi berupa reply, retweet dari pengguna twitter. Untuk iklan yang hanya sebatas tampil tanpa ada respon dari pengguna twiter yang melihatnya tidak akan terhitung sebagai hal yang harus di bayar.

Selanjutnya iklan untuk Paid per Install. Iklan ini digunakan oleh para developer program khususnya smartphone. Advertiser akan dikenakan tagihan biaya untuk periklanan jika ada yang menginstall aplikasi ini. Hal lain seperti sebatas tayang, retweet dan reply tidak dikenakan biaya.

Iklan Video, tipe iklan ini untuk penayangan video di twiter. Advertiser akan dikenakan tagihan untuk setiap pengguna twitter memutar video yang diiklankan. Untuk masalah seperti Cuma tayang, reply dan retweet maka tidak akan dikenakan biaya.

Pembayaran Iklan di twitter Ads

Pembayaran atas iklan di twitter ads didukung oleh beberapa mata uang. Ini bisa dilihat pada halaman opsi pembayaran nantinya. Biasanya dengan memilih zona waktu dan daerah, akan langsung bisa teridentifikasi apakahmata uang negara terintegrasi atau tidak sebagai opsi pembayaran. Untuk negara yang tidak terdapat pembayaran dengan mata uangnya bisa menggunakan USD atau EURO.

Pembayaran bisa dilakukan dengan sederhana menggunakan kartu kredit Mastercard, Visa, American Express. Untuk biaya iklan maksimun bisa disettng nantinya pada akun TwitterAds. Informasi tambahan, untuk berklan juga bisa mengatur waktu iklan akan ditampilkan. Misalkan ikla ingin ditampilkan pada bulan Juni hingga Agustus, atau selama 2 bulan, atau iklan hanya tampil jam 12.00 sampai jam 20.00 pada hari Senin sampai Kamis.

Langkah Memasang Iklan di Twitter Ads

Untuk memulai memasang iklan di twitter ads disarankan harus memiliki akun twitter. Jika telah memiliki akun twitter segera ke alamat website mereke ads.twitter.com. Jika diminta log in, masuk dengan menggunakan akun twitter yang telah dimiliki.

Hal pertama dilakukan setelah log in adalah mengatur pembayaran, lokasi dan zona waktu. Berikan anggaran iklan maksimun yang akan mampu dibayarkan, mengingat pembayaran menggunakan kartu kredit. Hal ini untuk mencegah nantinya tagihan yang tak terduga terhadap kartu kredit.

Jika kelengkapan informasi waktu, daerah dan tagihan telah dilaksanakan. Langkah selanjutnya adalah membuat dan memilih jenis iklan. Sebagaimana telah dijelaskan diatas tipe tipe iklan yang ditawarkan oleh twitter. Untuk lebih mempermudah diharapkan untuk mempersiapkan tipe iklan serta materi iklan terlebih dahulu. Masing masing tipe iklan memiliki sedikit perbedaan bagaimana cara memasang iklan di twitter ads. Lebih lengkap mengenai step memasang iklan untuk masing masing tipe iklan bisa di baca di https://business.twitter.com/id/help/campaign-setup.html.

Itulah sekilas informasi bagi yang berkeinginanuntuk memasang iklan atau berpromosi di twiter. Semoga informasi ini bisa bermanfaat. Baca juga : Facebook dan Twitter Jadi Kerja Sampingan yang Menghasilkan.

Memuat